Jumat, 12 Oktober 2012

JUMBARA PMR PMI



Berikut ini adalah kegiatan kami pada saat Jumbara PMR 2012, Penasaran ? baca cerita kami di bawah ini  
      

4-7 OKTOBER 2012
      
      
  Hari ini kami akan mengikuti jumbara PMR. Tempatnya di lapangan Bendosari, kecamatan Kras, kabupaten Kediri. Kami berkumpul di SMPN 2 Pare pukul 07.30. Sambil menunggu teman yang belum datang, kami memasukkan barang-barang ke truk.  Setelah siap kami berangkat pukul 09.00. 

        Sekitar pukul 10.00 kami sampai di Kras. Kami segera menuju Base Camp yang lokasinya dekat dengan tempat kami lomba. Barang-barang sudah diturunkan, kami istirahat sebentar. Setelah melepas lelah, tim DU (Dapur Umum) membantu Mbak Sulis memasak sedangkan yang lain membantu Kak Feri mendirikan tenda. Sekitar pukul 16.00 tenda sudah berdiri tetapi hiasannya belum di pasang. Kami segera mengikuti latihan upacara. Setelah upacara kami memasang hiasan tenda.




Pukul 19.00 Mbak Cimma, Mbak Dinda, dan Mbak Aida lomba CC (Cerdas Cermat) sedangkan kami menonton film. Setiap sekolah mengumpulkan laporan dari film yang ditayangkan. Pada saat itu, aku bertemu Syifa, Dhea, Rani, dan kakak kelasku SD. Aku hanya mengobrol sebentar karena sudah malam.
Keesokan harinya, Aku, Amalia, Avita, Anggi, dan Sawitri bertugas menerima tamu yang datang ke tenda kami. Kami juga diberi tugas membersihkan tenda. Rikha dan Mela juga ikut menjaga tenda. Sambil menjaga tenda mereka belajar Travelling. Pukul 11.00 aku kembali ke Base Camp untuk latihan PP (Pertolongan Pertama). Setelah shalat jum’at Aku, Tyas, Dara, Mbak Cimma, Mbak Wendy, dan Kurnia ke SMPN 2 Kras mengikuti lomba PP. Pada pos 3 Aku, Dara, Mbak Cimma, dan Mbak Wendy mengangkat Kurnia dengan tandu sejauh 1 km dengan jalan yang sangat parah yaitu melewati kali kecil yang banyak tanaman kangkungnya, kemudian naik ke jalan yang licin. Setelah lomba selesai kami kembali ke tenda.



Pada malam harinya, kami berkumpul di tenda untuk membuat mading. Agar tidak bosan, kami membuat acara sendiri seperti, narsis bersama, menjahili teman, jalan-jalan, dll. Pada saat membuat mading, SMP Al Fath, SMPN 2 Kras, dan MTS Model mengunjungi tenda kami. Suasana yang sangat berbeda daripada saat kami lomba di siang harinya. Siang hari kami bersaing pada malam harinya suasana keakraban yang hangat. Kami bercanda, bernyanyi, dan bergembira bersama.

   



Sabtu pagi kami mengikuti upacara pembukaan yang dihadiri Bupati Kediri. Upacara ini sangat melelahkan karena cuacanya sangat panas karena sejak hari kami datang belum hujan. Setelah upacara, sebagian menjaga tenda, tim du mempersiapkan alat masak dan yang lain istirahat di Base Camp. Pukul 14.30 lomba DU.

     

Malam hari sebelum pensi (pentas seni), ada kunjungan dari SMPN 2 Kepung, SMK Bhakti Mulia, SMP Al Fath, dan beberapa sekolah yang lain. Setelah tidak ada kunjungan lagi, sebagian termasuk aku balik mengunjungi SMK Bhakti Mulia. setelah kembali ke tenda, kami membahas pensi.


Sekarang saatnya pensi dimulai. Kami menampilkan tarian tradisional kecak. Adit menjadi setan sedangkan kami menjadi penjara setannya. Pada saat Adit lolos dari penjara, dia mengejar orang-orang di sekitarnya yang pada akhirnya menjadi banci.


Hari Minggu kami mengikuti upacara penutupan. Cuaca kali ini hujan gerimis. Setelah upacara selesai diumumkan juara lomba. SMPN 2 Pare mendapat 2 piala bidang Travelling Donor Darah (Juara II) dan Siaga Bencana (Juara I). Walaupun tidak juara umum, kami tetap bangga dengan hasil yang kami raih. Setelah pengumuman juara, kami kembali ke SMPN 2 Pare.









BY : Amalia Dwi Putri

       PHOTO BY : Tim Jumbara SMPN 2 Pare

3 komentar: