Minggu, 11 November 2012

CESC FÀBREGAS


Cesc Fàbregas adalah pesepakbola berkebangsaan Spanyol yang lahir pada 4 Mei 1987. Fabregas mulai bermain sepak bola di FC Barcelona yunior, sebagai gelandang bertahan atau dengan istilah Spanyol Volante. Dia menjadi pencetak gol yang cukup subur dengan 30 gol dalam satu musim, namun dia belum juga memperoleh kesempatan bermain di tim inti.

Pada 11 September 2003 dia memutuskan untuk bergabung dengan Arsenal. Di Arsenal dia banyak belajar dari seniornya, Patrick Vieira dan Gilberto Silva. Debutnya di tim Arsenal tanggal 23 Oktober 2003 dalam pertandingan Piala Liga melawan Rotherham United, pada saat itu. Fabregas menjadi pemain Arsenal termuda dengan umur 16 tahun 177 hari. Dia juga menjadi pencetak gol termuda dalam sejarah Arsenal di pertandingan Piala Liga berikutnya, yang membawa timnya menang dengan skor 5-1 atas Wolves, tetapi dia tidak pernah main sekalipun dalam liga Premier musim 2003-2004.

Musim 2004-2005, Fabregas tampil bermain dalam tim inti di pertandingan Liga Inggris, dimana sebelumnya juga dia bermain di kejuaraan Community Shield melawan Manchester United dengan kemenangan 3-1. Patrick Vieira mengalami cedera, Fabregas menggantikan peran Patrick Vieira dan tampil dalam 4 kali pertandingan Liga Inggris.. Fabregas mengakhiri musim pertamanya bersama Arsenal dengan mendapatkan penghargaan pertamanya menjuarai Final Piala FA mengalahkan Manchester United lewat adu penalti dengan kemenangan Arsenal 5-4.

Musim 2005-2006 setelah ditinggal Patrick Vieira ke Juventus, Fabregasdipasangkan dengan Gilberto Silva. Dia tampil l 49 kali di semua kompetisi. Dengan postur tubuh yang tidak begitu tinggi, Fabregas menampilkan gaya permainannya sendiri dan mengesankan bagi para pengamat sepakbola. Di Liga Champions melawan Juventus, dia mencetak gol pertama dan memberikan assis kepada Thierry Henry untuk mencetak gol kedua. Di partai final Liga Champions Arsenal dikalahan Barcelona 1-2, sehingga Arsenal pada musim 2005-2006 tanpa trofi.

Pada 19 Oktober 2006, Fabregas menendatangani perpanjangan kontrak selama 8 tahun meski sisa kontraknya masih 6 tahun lagi, hal ini karena begitu banyaknya rumor transfer Fabregas pada musim panas. Fabregas bersama Arsenal banyak memecahkan rekor klub diantaranya dia mempunyai reputasi sebagai pemain yang memiliki bakat dengan teknik yang bagus, play maker sangat baik, dan juga pemain kunci.

15 Agustus 2011 Fabregas kembali ke Barcelona dengan nilai kontrak 200 juta euro selama lima tahun. Sedangkan debut pertamanya bersama Barcelona pada pertandingan Piala Super Spanyol melawan Real Madrid, menggantikan Pedro menit ke-83. Gol pertamanya bersama Barca adalah ketika di ajang piala Joan Gamper dengan mengalahkan SSC Napoli 5-0.
Karir internasionalnya, Fabregas tercatat sebagai pemain termuda Spanyol di Piala Dunia saat melawan Ukraina di Leipzig 13 Juni 2006. Sebelum menjadi pemain senior Spanyol, dia bergabung dengan tim dalam kejuaraan Dunia U-17 FIFA di Finlandia tahun 2003. Luis Aragonés, pelatih tim Nasional Spanyol tertarik dengan bakatnya sehingga dia diikut sertakan dalam tim Piala Dunia 2006 di Jerman juga Piala Eropa 2008 di Swiss dan Austria. Spanyol menjadi juara Eropa tahun 2008 setelah mengalahkan tim Jerman di final dengan score 1-0 lewat gol tunggal Torres dan menjadi Jawara di Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan mengalahkan Belanda di final 1-0 lewat gol Iniesta.


http://barca-barcelonafc.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar